INTERNET! Strategi Berbisnis di Masa Krisis? (2)

Para pebisnis atau pengusaha yang memiliki karakter pantang menyerah dan ulet, pasti enggan untuk berhenti bergerak. Mereka akan terus berusaha untuk mengembangkan modal yang dimilikinya agar tidak mandeg. Ketika situasi di negaranya tidak mendukung, mereka akan mencari lahan lain yang bisa mendukung kemajuan bisnisnya.
Nah, kalau pemodal asing saja bergiat untuk masuk ke dalam negeri, kenapa kita yang merupakan warga negara sendiri tidak memanfaatkan momentum ini. Terlebih kalau Anda menggunakan internet untuk berbisnis. Saya yakin pasti hasilnya akan sangat luar biasa. Akan tumbuh pebisnis-pebisnis internet baru yang akan mengangkat derajat ekonomi bangsa kita.
Lantas bagaimana melakukannya? Ya, pertanyaan itu mungkin yang dari kemarin mengganjal pikiran Anda. Bagaimana untuk membuat perkembangan bisnis melesat di tengah krisis.
Mudah! Ya itu yang ingin saya katakan pada Anda terlebih dulu. Melakukan cara-cara di bawah ini sama sekali tidak sesulit yang Anda kira. Saya punya sedikitnya 2 cara untuk menyiasati situasi bisnis yang tidak menentu untuk membuat perkembangan bisnis Anda terus melesat.
1. Luncurkan produk baru.
Apa tidak gila mengeluarkan produk baru di tengah daya beli masyarakat turun? Dan apa tidak butuh biaya besar untuk melakukannya? Jika itu yang Anda tanyakan, saya akan jawab SAMA SEKALI TIDAK! Meluncurkan produk baru yang bisa memenuhi daya beli masyarakat sekarang justru akan membuat produk Anda melejit. Buat produk yang harganya terjangkau oleh masyarakat banyak. Tentu tanpa mengabaikan standar kualitas yang seharusnya. Dengan begitu, saya jamin produk baru Anda akan diterima oleh masyarakat luas.
“Tetapi mengenalkan produk baru ke masyarakat kan butuh biaya besar?” Dengan internet Anda tidak perlu bingung lagi. Internet mampu menekan biaya promosi Anda sekecil-kecilnya dengan jangkauan langsung tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Dan semuanya bisa Anda atur untuk bekerja secara otomatis. Enak bukan? Kalau sudah begitu, produk baru Anda pasti akan mudah dikenal masyarakat.
2. Perkuat hubungan dengan pelanggan loyal Anda.
Produk yang sukses itu selalu punya pengguna dan konsumen yang loyal dan fanatik. Kalau Anda sudah lama berbisnis, Anda pasti tahu siapa saja mereka. Dan perkuat hubungan dengan mereka. Rangkul mereka dan jadikan mereka sebagai agen-agen penyebar informasi tentang produk-produk Anda. Apalagi kalau mereka adalah orang berpengaruh di lingkungannya. Dengan mereka berbicara kepada masyarakatnya efeknya akan lebih dahsyat dibandingkan poster-poster iklan yang Anda pasang di tembok-tembok.
Sebetulnya ada beberapa cara lainnya. Tapi dengan cukup melakukan dua cara ini saja, saya yakin bisnis Anda akan melesat, meski yang lainnya tengah kembang-kempis.
Pesan saya:
Ketika situasi berubah, maka Anda pun perlu merubah pendekatan Anda agar pendapatan yang Anda terima juga berubah. Selama Anda masih melakukan cara yang sama dalam berbisnis, maka PASTI hasil yang akan Anda dapat juga sama.
Maka sifat kreatif penting tertanam dalam diri seorang pebisnis. Agar bisa menyikapi perubahan situasi secara cerdas. Jangan pernah menyerah. Yakinlah selalu ada kesempatan di tengah kesulitan. Mari berbisnis dari sekarang. Mari mulai berbisnis dengan internet.
Salam HEBAT!
0 comments:
Post a Comment